Sinopsis Buku Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata

Buku ini menceritakan tentang kisah hidup seorang anak bernama Ikal, Arai dan teman-temannya dalam hidup yang dibelit kemiskinan. Mereka bersekolah di SMA Bukan Main, yaitu satu satunya SMA Negri di kampungnya, Belitong. Mereka akan memberikan pelajaran pada semua orang yang membacanya tentang apa arti cinta, kehidupan, dan kepercayaan kepada tuhan. Melalui kegembiraan yang meluap-luap dan kesedihan yang mengharukan, mereka menjalaninya tanpa penyesalan. Mereka juga tak kalah hebat, mereka bercita cita untuk berkuliah di Sarbonne, Paris. Yang lebih mengejutkan lagi mereka dapat menggapai mimpinya tersebut.
Buku ini menceritakan tentang kisah penulisnya, Andre Hirata. Buku ini mengangkat kisah perjuangan anak misikin di desa kecil di Belitong yang ingin menggapai cita citanya bersekolah di Paris. Hal itupun dapat diwujudkannya tapi tentu dengan kerja keras dan pantang menyerah. Buku ini menceritakan kisahnya dengan baik dan jelas. Walaupun ada beberapa kata yang sulit dimengerti oleh orang awam. Tetapi itulah salah satu ciri khas pencipta buku ini, Andrea Hirata.

Jika ditelaah lebih baik, kisah ini tidak hanya menceritakan tentang perjuangan anak-anak miskin menuntut ilmu untuk menggapai cita-citanya, tetapi juga menceritakan tentang peristiwa-peristiwa yang akan membuka penjuru sudut pandang masing-masing tentang berbagai hal. Seperti keajaiban, kuasa Tuhan, maupun cinta. Buku ini juga menceritakan tentang peristiwa konyol yang dialami beberapa anak lugu ini. Beberapa tokoh diantaranya tidak hanya Ikal dan Arai. Tetapi juga ada Jmbron, Laksmi, Pak Mustar, Pak Balia, Ayah Ikal, Ibu Ikal dan masih banyak lagi. Semua tokoh cerita ini mungkin saja diambil dari orang di dunia aslinya, karena merupakan cerita tentang si penulis sendiri.
Secara umum novel ini layak dibaca. Alurnya merupakan alur campuran, kadang menceritakan masa lalu yang disambungkan dengan keadaannya sekarang. Penulis menggunakan sudut pandang orang pertama yaitu sudut pandang aku-an. Dimana kita merasa sedang mendengarkan Ikal berbcerita tentang kisahnya. Selain itu kisah ini juga mengandung  nilai moral agama, dan pesan yang menggugah semangat siapapun yang membacanya. Tentu saja hal ini bagus untuk para pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PJOK: Bola Besar (Bola Voli, Bola Basket, Sepak Bola)

Materi PJOK / Olahraga : Bola Kecil (Tenis Meja, Bulutangkis)

Makalah tentang Reaksi Obat CDR Terhadap Lampu Lava